....S--M--A--D--A----P--A--R--E....
Sunday 23 June 2013

Artikel - Pendidikan Kependudukan


KARYA : ZULFADLI ( SMA NEGERI 2 PAREPARE )



Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Sedangkan Kependudukan adalah  segala sesuatu yang berhubungan dengan penduduk.
Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan kita , artinya yaitu setiap manusia berhak mendapat perkembangan dalam pendidikan. Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mendewasakan tiap individu untuk dapat melangsungkan kehidupan.
Hubungan antara kependudukan dan pendidikan sangatlah erat kaitannya karena penduduk layak mendapatkan pendidikan sesuai dengan Undang-undang yang berlaku di Negara kita. Pendidikan memanglah sangat dibutuhkan, namun untuk mendapatkan pendidikan yang layak bukanlah hal yang mudah.


Di Negara Berkembang seperti Indonesia, pendidikan sangatlah sulit diperoleh karena ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, beberapa contohnya ialah masalah perekonomian  dan masalah kepadatan penduduk yang terjadi di Indonesia. Jumlah penduduk yang sangat melimpah, menyebabkan banyak penduduk Indonesia yang tidak mendapatkan pendidikan yang layak, selain jumlah sekolah yang masih kurang, masalah biaya juga menjadi penyebab utama mengapa penduduk di Indonesia tidak dapat merasakan yang namanya pendidikan yang layak. Ditengah kemampuan ekonomi masyarakat yang masih rendah, biaya sekolah terus naik dari tahun ke tahun sehingga menyebabkan penduduk kurang mampu berpikir keras untuk menyekolahkan anak-anaknya. Pemerintah sebenarnya telah memberikan bantuan-bantuan kepada penduduk yang kurang mampu, namun nyatanya masih banyak anak-anak yang tidak sekolah bahkan ada beberapa yang harus berhenti bersekolah karena tidak mempunyai biaya.

Pemerintah harus bertindak cepat untuk membenahi ulang dan mengawasi dengan ketat pemberian bantuan-bantuan agar tepat pada sasaran. Selain itu, kepadatan penduduk juga harus diminimalisir . Dengan adanya program KB (Keluarga Berencana) diharapkan dapat mengurangi melonjaknya penduduk di Indonesia sehingga tidak menyebabkan masalah-masalah yang lebih besar lagi .
Title: Artikel - Pendidikan Kependudukan; Written by zulfadli; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment